Refungsi Saluran Air, 73 Bangunan Liar di Kebon Pala Dibongkar

Senin, 23 November 2015 - 12:36 WIB
Refungsi Saluran Air, 73 Bangunan Liar di Kebon Pala Dibongkar
Refungsi Saluran Air, 73 Bangunan Liar di Kebon Pala Dibongkar
A A A
JAKARTA - Sebanyak 73 bangunan liar di Jalan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur dibongkar. Pasalnya, puluhan bangunan itu berdiri di atas saluran air.

"Kami akan refungsi saluran air namun di atasnya banyak bangunan. Makanya kami bongkar hari ini," kata Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Bambang mengakui, puluhan bangunan liar itu sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Kemudian, bangunan liar yang sudah permanen itu dijadikan tempat usaha.

Meski demikian, dia mengatakan, pedagang masih diperbolehkan berjualan dan membuka lapak dagangannya setelah proses normalisasi selesai. Namun tidak diperbolehkan lagi membangun lapaknya secara permanen.

"Kami juga tidak ingin mematikan rejeki orang. Namun mereka juga jangan arogan, membangun lapak atau warung secara permanen," tambahnya.

Proses pembongkaran ini melibatkan 320 petugas gabungan dan satu alat berat jenis sofel. Kemudian 10 unit truk, satu ambulans dan satu mobil pemadam kebakaran.

"Tidak ada perlawanan dari pedagang. Ini semua kan demi kepentingan masyarakat juga supaya enggak banjir," tutupnya.

Adapun 73 bangunan yang dibongkar ini terletak di lima titik. Yakni di Jalan Kebon Pala 1 dan 2, Jalan Permata 1 dan 2 serta Jalan Matraman Raya. Dari 73 bangunan, sebagiannya sudah dibongkar sendiri dan tersisa 27 bangunan.

Sebelum dibongkar, pihak Pemkot Jaktim sudah melakukan sosialisasi hingga pemberian Surat Peringatan (SP) 1 dan 3.

PILIHAN:

Pedagang Kalimalang Ancam Jualan di Kantor Kelurahan Cakung
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4192 seconds (0.1#10.140)